Biografi Franky

Franky merupakan nama seorang karakter fiktif yang ada dalam serial manga serta anime One Piece. Ia merupakan cyborg yang bersumber dari kota air Water Seven serta juga pemimpin dari kelompok pembongkar kapal Keluarga Franky. Franky mempunyai badan yang sangat besar, tetapi hanya memakai baju hawaii dengan kancing terbuka serta celana dalam. Rambutnya disuperbentukkan ke atas, serta memakai kacamata di keningnya. Franky diketahui merupakan kru topi jerami yang paling berat, sebab peralatan Cyborg nya. Berat nya mencapai 125 Kilogram serta tingginya mencapai 225 cm, menjadikannya kru paling atas kedua di Kru Topi Jerami, di belakang Brook.

Franky kecil dibuang oleh orang tuanya (yang kemungkinan merupakan bajak laut) sebab terlalu bengal. Kemudian Franky, yang ketika itu namanya merupakan Cutty Flam dipungut oleh pembuat kapal legendaris bernama Tom. Dia menjadikan Cutty Flam menjadi muridnya. Murid Tom yang lain, Iceburg berpendapat Cutty Flam merupakan nama yang aneh serta memanggilnya Franky saja. Franky rutin memakai waktunya untuk membikin kapal perang daripada menolong Tom membikin kapal layar. Tetapi Tom berpendapat performa Franky serta Iceburg setara serta sebuah ketika kelak mereka akan menjadi pembuat kapal hebat. Kapal perang yang Franky buat ditujukan untuk mengalahkan monster laut serta diberi nama Battle Franky setiap pembuatannya (seperti dalam Battle Franky 8, Battle Franky 9).

Ketika Cutty Flam berusia 12 tahun, Tom menjadi terdakwa sebab telah membikin kapal bajak laut milik Gold Roger, sang raja bajak laut. Tetapi Pemerintah memberi waktu 10 tahun untuk Tom untuk memajukan kota Water Seven yang pada ketika itu terpuruk dengan membikin kereta api laut supaya Tom dapat lepas dari dakwaan. Tom’s Workers mulai bekerja keras untuk membangun kereta api laut, ada satu kereta api laut gagal yang menjadi percobaan mereka yaitu Rocketman. Franky juga menolong mesikipun pada awalnya dirinya enggan.

14 tahun kemudian (10 tahun seusai penyelesaian kereta api laut Puffing Tom serta 4 tahun untuk pembangunan rel tambahan), Water Seven menjadi kota yang terkenal. Tetapi ada satu pihak yang tak bahagia dengan Tom yaitu CP5 dari pemerintah. CP5 bermaksud mengambil rancangan senjata kuno Pluton yang berada di tangan Tom. Tom menolak serta mengusir Spandam (pemimpin CP5). Spandam marah serta bersumpah aka memojokkan Tom. Tom yang mengenal bahwa rancangan Pluton telah tercium segera mengumumkan terhadap dua muridnya serta juga mengenai Nico Robin.

ketika hari pengampunan Tom, kapal pengadilan ditembak serta dihancurkan oleh CP5 yang memakai kapal perang Battle Franky 1-35. Sehingga pemerintah serta warga menuduh Tom serta muridnya yang melakukannya. Alhasil Tom kembali didakwa serta dijatuhi hukuman mati. Franky yang tak tahan atas fitnah dari pihak pemerintah memukul Spandam dengan keras hingga wajahnya hancur. Franky mengejar Puffing Tom yang bergerak ke Ennies Lobby kemudian menghadangnya. Akhirnya Franky ditabrak oleh kereta api laut serta tubuhnya hancur berantakan. Cutty Flam dinyatakan tewas oleh pemerintah.