Biografi Nami

Nami (ナミ Nami?) ialah seorang karakter fiksi dari serial anime serta manga One Piece karya Eiichiro Oda. Ia ialah seorang bajak laut serta navigator dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia ialah anak buah ketiga di kelompoknya, serta orang kedua yang bergabung. Di Arc Baratie, Nami pernah mengkhianati kelompoknya untuk sementara waktu, tetapi akhirnya bergabung kembali menjelang akhir Arc Arlong seusai masa lalu serta tujuannya yang sebetulnya terungkap. Ia mempunyai jumlah tebusan sebesar 16.000.000 Berry.

Nami mempunyai masa lalu yang kelam serta hingga kini belum diketahui orang tua asli dari Nami, ia mempunyai seorang saudara tertua perempuan yang bernama Nojiko, serta dikala Nami tetap bayi dirinya telah dirawat oleh angkatan laut yang bernama Belle-Mere.

Belle-Mere
19 tahun yang lalu, ada pertempuran dahsyat antara anak buah Angkatan Laut dengan bajak laut di suatu pulau. Pada akhir pertempuran dimana semuanya hancur, seorang anak kecil (yang nantinya ialah Nojiko) mengangkat bayi (Nami) menghampiri anak buah angkatan laut wanita bernama Belle-Mere yang diambang kematian. Sepulang Belle-Mere ke Desa Kokoyashi, dirinya berniat mengadopsi kedua anak itu.

Belle-Mere sebagai bunda rutin mengajarkan terhadap Nami serta Nojiko untuk menjadi kuat, serta tak melupakan kekuatan senyum. Belle-Mere juga mendukung cita-cita Nami untuk menggambar peta yang dirinya sebut selangkah menuju impian. Mereka tinggal di rumah Belle-Mere yang juga kebun jeruk yang mereka kelola. Nami juga dekat dengan Genzo, kepala Desa Kokoyashi, serta kini dirinya berpendapat Gen (panggilan untuk Genzo) sebagai ayahnya.

Semua ini selesai ketika Arlong menyerang desa serta pribadi luar biasa pajak dengan paksa penduduk desa. Belle-Mere yang dikala itu tak punya uang pernah diselamatkan oleh Gen. Tetapi Belle-Mere tak dapat mengingkari kalau dirinya mempunyai dua orang anak (yang dikala itu sembunyi). Arlong marah serta membunuh Belle-Mere di depan warga juga kedua anaknya. Pembunuhan terhadap Belle-Mere (dengan tutorial menembak kepalanya dengan pistol) dianggap oleh Arlong sebagai “contoh” kalau ada yang membangkang kepadanya. Arlong yang mengenal kepandaian kartografi Nami mengangkat Nami sebagai pakar informasi lapangan serta pembuat peta. Kemudian di Arlong Park, Nami membikin janji pada Arlong untuk melepaskan warga dari ancamannya apabila Nami sukses mengumpulkan 100 juta berry. Sudah 8 tahun dirinya mencari uang serta membikin peta.

Nami berjumpa Luffy di Kota Orange, pada cerita Buggy. Disini dirinya bergabung sebagai navigator sebagai bentuk kerjasama atas hartanya. Pada cerita Baratie, Nami kabur dari kru di tengah-tengah kemelut serta mengangkat kapal Going Merry. Dia kabur sambil mengangkat harta mereka serta juga harta Johnny serta Yosaku.